Langsung ke konten utama

World Cleanup Day 2019 : 50 kg sampah dalam 1 jam !!!




Assalamu'alaikum good people, akhirnya punya mood buat nulis juga nih hihi, pengin cerita kegiatan WCD yg beberapa waktu lalu berlangsung nih guys. Oiya sebelumnya Aku juga udah pernah nulis WCD yg 2018 nih di blog, waktu itu aku jadi volunteernya. Alhamdulillah tahun ini ngerasain gimana ribetnya jadi tim core WCD 2019.

Oke dimulai dari WCD itu sendiri apa, jadi WCD adalah World Cleanup Day, apaan sih itu, ngapain sih? Jadi ini tuh aksi bersih bersih serentak di seluruh dunia dengan melibatkan jutaan volunteers untuk ikut aksi ini. Kegiatan ini biasanya diadakan 1 thn sekali di bln September, jadi buat temen temen semua bisa banget nih join di tahun depan. Untuk update info terbaru tentang wcd bisa langsung follow wcdid_banten aja gaess.

Nah kemarin itu WCD Banten oprec tim core di IGnya utk tgl 21 sept yg lalu, krna tahun lalu aku pernah ikut wcd sebagai volunteer, pas tau ada oprec tim core langsunglah aku daftar. Aku dapet bagian logistik kemarin, tapi realitanya semua bagian ku ambil alih ckck. Lumayan menguras emosi dan tenaga sih jdi tim core kemarin, karena apa-apanya serba dadakan dan pada sibuk sama urusan pribadi, jadinya persiapan ala kadarnya deh.

Seleksi alam pun terjadi wkwkkw semula tim berjumlah 10 org kalo gak salah, nyusut jadi 6 org (dio, emil, elsa, tria, dan umni) hayy gaeess. Tapi kami bener bener maksimalin anggota yang ada, walaupun diantara kami belum ada yang punya pengalaman untuk acara kaya gini. Jadi jobdesk kemarin tuh kaya kita harus menentukan lokasi untuk titik bersih bersihnya, dan itu lumayan bikin kita mikir sih, sebenernya sampah tuh kan banyak dan ada dimana mana ya, tapi karena acara ini melibatkan banyak orang alhasil tempat harus strategis, kemarin sih ada dua opsi, di pasar sipon, atau di alun alun ahmad yani, sejujurnya sampah lebih banyak di pasar sipon, ya secara pasar cuyyy ya gak, sedangkan di alun alun kan ada petugas kebersihan tuh, so far so clean.

Sebagai panitia, kami merasa terbantu sekali nih sama temen temen komunitas dan instansi, ada dari DLH (dinas lingkungan hidup), benua hijau, more trash, kotret, dll.
Pokoknya mereka mereka ini support banget acara acara positif terlebih concern ke lingkungan. Jadi kalo temen temen mau buat acara atau kegiatan bertemakan lingkungan bisa banget join sama mereka.

Nah gimana nih hasil acara WCDnya, kami berhasil rekrut 40an lebih volunteers, dan mengundang beberapa komunitas, hasil sampahnya sendiri di luar ekspektasi loh ternyata, karena pas kita liat gak ada sampah yg menumpuk disana, tapi pas bener bener dibersihin kita mendapatkan 50kg lebih sampah hanya dalam 1 jam gaesss. Gila yah manusia dlm 1 jam di tempat yang keliatannya bersih terkumpul 50 kg sampah, aku sih kaya liat dosa sendiri kalo seandainya dosa berwujud. Oiya ini btw sampah yang berserakan ya, yg dibuang sembarangan bukan kita ambil dari tempat sampah.

Lanjut sampah sudah terkumpul, lalu di timbang secara total, kemudian di pisah sesuai jenisnya dan disitu juga kami semua di beri penjelasan dan materi mengenai pemilahan sampah. Jadi seharusnya sampah bisa dipilah dimulai dari rumah masing masing, tapi kenyataan kita mencampur adukan semua jenis sampah yang ada, padahal ada beberapa jenis sampah rumahan yang bisa di daur ulang kan. Sebenernya ini PR kita bersama, untuk mulai membiasakan dan edukasi mengenai pemilahan sampah, dan yang paling penting sadar dulu deh untuk buang sampah pada tempatnya gicuuuu.

Mau bahas apalagi ya bingung ya intinya sayangi bumi ini untuk tidak buang sampah sembarangan, kurangi pemakaian plastik, ini nih penting banget stop memakai sedotan, bawa tumbler kemana mana plisss, bawa tote bag untuk pengganti plastik, ayo kita generasi muda udah harus terbiasa dengan life style kaya gini, semuanya harus dipaksa dulu biar jadi biasa berlanjut jadi kebiasaan. Dan disini juga aku mau share foto foto kegiatan WCD kemarin nih gaes. Sekali lagi jaga dan sayangi bumi ini dengan gak buang sampah sembarangan. Salam Lestari !!!

Wassalam.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmu Sosial Budaya Dasar

BAB VI MANUSIA, KERAGAMAN, DAN KESEDERAJATAN A.  Makna Keragaman dan Kesederajatan 1.   Makna Keragaman       - Berasal dari kata ragam:       1. Tingkah laku       2. Macam, jenis       3. Lagu, musik, langgam       4. Warna, corak, rapi       Sehingga keragaman berarti perihal beragam-ragam, berjenis-jenis perihal ragam, hal jenis.       Yang dimaksud adalah suatu kondisi dalam masyarakat dimana terdapat perbedaan-perbedaan dalam berbagai bidang terutama suku bangsa dan ras, agama dan keyakinan, ideologi, adat, kesopanan, serta situasi ekonomi. 2.   Makna Kesederajatan       - Berasal dari sederajat : sama tingkatan (pangkat, kedudukan).       - Yang dimaksud adalah suatu kondisi dimana dalam perbedaan dan keragaman yang ada manusia tetap memilih satu kedudukan yang sama dan satu tingkatan hierarki. 1.      Problematika Diskriminasi dalam Masyarakat yang Beragam a .        Diskriminasi di antara Demokrasi dan Hak Asasi Manusia memiliki seperangkat hak ya

Laporan Isi KKM STIE Bina Bangsa 2015

BAB I   PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Pada zaman globalisasi seperti saat ini, p endidikan merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan nasional. Oleh sebab itu , peran perguruan tinggi sangat lah penting dalam proses pembangunan nasional. Serta diharapkan perguruan tinggi mampu mengembangkan potensi sumber daya manusia sehingga menghasilkan penerus pembangunan nasional yang berkualitas. Di dalam kampus , mahasiswa hanya memperoleh teori-teori penunjang di bidangnya. Untuk mengaplikasikan materi yang telah di dapat maka perlu diadakan suatu kegiatan yang dapat dirasakan langsung oleh mahasiswa dan masyarakat. Oleh karena itu, perguruan tinggi mengadakan kegiatan KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) yang Bertujuan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan teori yang telah di dapat kan selama masa perkuliahan serta dapat belajar langsung dari masyarakat. Perguruan tinggi bukan hanya mengembangkan pendidikan , tetapi juga mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masy

Tentang yang tak dapat diucapkan, maka kupilih untuk menjadikan tulisan #Berpuisi Part 1

BERPUISI PART #1 Sore Kala Itu Hampir hampir payah tubuhku Di sore hari kala itu Keseharian menuntutku tak ubah layaknya robot tanpa mesin Monoton sekali ungkap sang hati dengan yakin. Sisi lain sepasang bola mata mengungkap hal yang berbeda Di ujung jalan terlihat bapak tua renta Mengayuh sepeda menjajakan dagangan yang seadanya. Hey hati yang lelah, mengapa diam saja? Merasa bersyukur rupanya.   Tak Berdaya Kemarin tampak gagah dan memesona Angkuh bak raja singa Kita bisa apa? Bila sememsta berbicara Semua luluh lantak tak tersisa Hanya ada air mata dan nestapa Kita tak berdaya.   Hujanku Hujanku menari-nari dengan fasih Mengiringi peluh yang tertatih Menghapus sendu yang seketika luruh Menemani bayang yang ingin ku tempuh Menunggu reda hingga pelangi tiba Semoga...   Ibukota Malammu lelap tak seperti ibukota yang